Tujuan Utama : Untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan bagaimana kebutuhan dana tersebut dibiayai.
Suatu laporan yang menggambarkan dari mana datangnya dan untuk apa dana itu digunakan disebut : Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana
Istilah lain yang digunakan untuk laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana adalah:
- Statement of Sources and Applications of Funds
- Statement of Sources and Use of Funds
- Funds Statement
- Statement of Financial Changes,
- Where-got, where-gone Statements
- Statement of Financial benefits Carned and Employed.
Langkah-Langkah Penyusunan Analisa Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana :
Penyusunan Laporan Perubahan Neraca (Statement of Balance Sheets Changes) yang disusun atas dasar dua neraca dari dua saat atau titik waktu.
Dengan bantuan Laporan Laba/Rugi, maka dapat disusumn Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana (Kas (dalam artian Sempit) dan Modal kerja (Dalam Artian Luas)
ANALISIS ALIRAN DANA DALAM PENGERTIAN KAS
Analisis Aliran Dana Dalam Pengertian Kas, merupakan aliran kas masuk (sumber dana) dan aliran kas keluar (penggunaan dana) yang langsung mempengaruhi besarnya kas yang berasal dari neraca dan laba/rugi.
Unsur-Unsur yang memperbesar kas
o Berkurangnya unsure-unsur aktiva lancar selain kas
o Berkurangnya aktiva tetap
o Bertambahnya unsur-unsur dalam hutang lancar
o Bertambahnya hutang jangka panjang
o Bertambahnya modal sendiri
o Bertambahnya keuntungan
Unsur-unsur yang memperkecil kas
o Bertambahnya unsur-unsur aktiva lancar selain kas
o Bertambahnya aktiva tetap
o Berkurangnya hutang lancar
o Berkurangnya hutang jangka panjang
o Berkurangnya modal sendiri
o Adanya pembayaran deviden kas
o Adanya kerugian
Langkah-Langkah menyusun Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana dalam artian kas :
1. Penyusunan Laporan Perubahan Neraca (Statement of Balance Sheets Changes) yang menggambarkan masing-masing elemen antara dua titik waktu.yang akan dianalisa
2. Mengelompokkan perubahan-perubahan tersebut dalam golongan-golongan yang memeperbesar kas dan yang memperkecil kas
3. Mengelompokkan elemen-elemen dalam Laporan Laba/Rugi atau Laporan Laba di tahan ke dalam golongan-golongan yang memeperbesar kas dan yang memperkecil kas
4. Mengadakan konsolidasi dari semua informasi tersebut ke dalam Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana.
Selasa, 24 Mei 2011
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar