Selasa, 24 Mei 2011

ANALISA SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA

 Tujuan Utama : Untuk mengetahui bagaimana dana digunakan dan bagaimana kebutuhan dana tersebut dibiayai.
 Suatu laporan yang menggambarkan dari mana datangnya dan untuk apa dana itu digunakan disebut : Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana
 Istilah lain yang digunakan untuk laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana adalah:
- Statement of Sources and Applications of Funds
- Statement of Sources and Use of Funds
- Funds Statement
- Statement of Financial Changes,
- Where-got, where-gone Statements
- Statement of Financial benefits Carned and Employed.
 Langkah-Langkah Penyusunan Analisa Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana :
 Penyusunan Laporan Perubahan Neraca (Statement of Balance Sheets Changes) yang disusun atas dasar dua neraca dari dua saat atau titik waktu.
 Dengan bantuan Laporan Laba/Rugi, maka dapat disusumn Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana (Kas (dalam artian Sempit) dan Modal kerja (Dalam Artian Luas)


ANALISIS ALIRAN DANA DALAM PENGERTIAN KAS
 Analisis Aliran Dana Dalam Pengertian Kas, merupakan aliran kas masuk (sumber dana) dan aliran kas keluar (penggunaan dana) yang langsung mempengaruhi besarnya kas yang berasal dari neraca dan laba/rugi.

 Unsur-Unsur yang memperbesar kas
o Berkurangnya unsure-unsur aktiva lancar selain kas
o Berkurangnya aktiva tetap
o Bertambahnya unsur-unsur dalam hutang lancar
o Bertambahnya hutang jangka panjang
o Bertambahnya modal sendiri
o Bertambahnya keuntungan

 Unsur-unsur yang memperkecil kas
o Bertambahnya unsur-unsur aktiva lancar selain kas
o Bertambahnya aktiva tetap
o Berkurangnya hutang lancar
o Berkurangnya hutang jangka panjang
o Berkurangnya modal sendiri
o Adanya pembayaran deviden kas
o Adanya kerugian

 Langkah-Langkah menyusun Laporan sumber-sumber dan penggunaan dana dalam artian kas :
1. Penyusunan Laporan Perubahan Neraca (Statement of Balance Sheets Changes) yang menggambarkan masing-masing elemen antara dua titik waktu.yang akan dianalisa
2. Mengelompokkan perubahan-perubahan tersebut dalam golongan-golongan yang memeperbesar kas dan yang memperkecil kas
3. Mengelompokkan elemen-elemen dalam Laporan Laba/Rugi atau Laporan Laba di tahan ke dalam golongan-golongan yang memeperbesar kas dan yang memperkecil kas
4. Mengadakan konsolidasi dari semua informasi tersebut ke dalam Laporan Sumber-Sumber dan Penggunaan Dana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar